Membeli Karya Seni Sebagai Investasi, Mengapa Tidak?

uploaded image

Tak dapat dipungkiri, selain karena memang penggemar karya seni, motivasi seseorang menjadi kolektor pasti juga memandang bahwa karya seni merupakan sebuah investasi untuk masa depan. Mengapa tidak, sebab karya seni yang seringkali unik dan berharga “mahal” itu sudah barang tentu akan membawa keuntungan dari segi ekonomi.

Di dalam setiap art exhibition, orang berkunjung tentu memiliki berbagai alasan. Bagi para kolektor seni yang berniat untuk berinvestasi pada karya seni, dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Seni adalah Kebahagiaan
Bukan sekedar barang untuk diperjualbelikan, memiliki karya seni menjadi salah satu bentuk kebahagiaan tersendiri yang tak ternilai. Jadi, lebih penting memikirkan kesukaan terhadap karya seni tersebut dibanding tujuan untuk menjualnya lagi kelak.

2. Diversifikasi
Dalam setiap karya seni pasti terdapat diversifikasi. Seperti misalnya Pablo Picasso dengan Cubism, lalu Impresionisme, Realisme, dan lain sebagainya. Sebagaimana fashion, karya seni juga memiliki tren di setiap periodenya. Dari situlah, terdapat fluktuasi harga di setiap aliran tertentu. Jadi, perlu diversifikasi agar sukses berinvestasi pada karya seni.

3. Galeri Seni
Selain fokus pada karya seni, Anda juga patut memperhatikan galeri seninya. Ketahui track recordnya, bagus atau tidak. Sebagai misal Edwin’s Gallery, sudah pasti menjadi contemporary art gallery Jakarta yang layak direkomendasikan. Berbagai karya seni dipajang tak hanya melulu untuk tujuan bisnis, melainkan bertujuan untuk lebih mengembangkan suatu aliran karya seni, yaitu kinetic art. Sehingga, partisipan art gallery pun tak lagi di lingkup seniman lokal, karena sudah merambah dunia internasional. Di sinilah Anda dapat mencari informasi sekaligus berkonsultasi tentang apa yang akan menjadi tren dan karya seni mana yang memiliki nilai risiko paling rendah.

4. Kesabaran dan Keberanian
Kunci sukses berinvestasi karya seni adalah sabar dan berani mengambil risiko. Bisa jadi karya seni yang dihasilkan oleh seorang seniman lokal sekalipun, akan bernilai saat tinggi di kemudian hari. Artinya, antara seni ataupun fashion perlu dinikmati dengan rasa, tidak hanya terfokus pada nilai uang karena akan berpotensi mengaburkan nilai seni yang sesungguhnya.

Posted December 12, 2018 15:42

Add Your Comment

Already signed up? Login.
  •