Apa Sih Box Speaker Pada Speaker Sound System?

Date February 26, 2020 20:27

Box speaker sering disebut juga box enclosure adalah salah satu bagian dari sound system yang fungsinya juga penting dalam mendukung speaker sound system agar bisa menghasilkan suara sampai ke telinga pendengar. Box speaker sendiri sebenarnya bukan hanya sekedar tempat untuk speaker saja. Box speaker juga berfungsi untuk memisahkan gelombang yang dihasilkan dari bagian depan speaker dari gelombang yang dihasilkan dari belakang speaker. Jika dua gelombang ini bertemu maka akan menyebabkan respon bass yang buruk. Maka dari itu box speaker biasanya dipakai untuk bass driver. 

Sejatinya ada 2 tipe box speaker pada speaker sound system yaitu sealed dan ported (bass reflex). Dua tipe dasar box speaker ini akan dijelaskan di bawah ini :

  • Sealed (tertutup)

Ini adalah tipe box yang tertutup dan kedap udara. Saat speaker berbunyi udaranya tidak akan mengitari kotak dan hany mengubah tekanan di dalamnya. Ini adalah box yang paling mudah dibuat. Kamu hanya perlu menghitung volume internal kotak yang dilakukan dengan sedikit usaha. Memasukkan box speaker sebuah peredam suara akan membantu menyerap gelombang stasioner yang dihasilkan oleh bagian belakang speaker dan akan menghasilkan hasil yang lebih baik. Box speaker ini tidak cocok jika digunakan untuk speaker sound system lapangan karena biasanya untuk lapangan akan butuh ampli yang besar.

  • Ported (Bass reflex)

Ini adalah box speaker yang menawarkan keseimbangan besar antara kualitas suara, output/efisiensi, desain dan kerumitan dalam membuatnya. Jenis box speaker ini memiliki port yang biasanya bentuknya silinder. Port memiliki panjang dan diameter yang telah ditentukan. Beberapa frekuensi yang keluar dari belakang speaker akan membalikkan fase mereka dan keluar port. Dengan cara ini mereka menambahkan dengan gelombang dari depan speaker dan meningkatkan suara output. Jika memakai box speaker tipe ini maka speaker sound system akan mencapai frekuensi yang lebih rendah dari respon frekuensinya. 

Nah itu dia penjelasan tentang box speaker yang sering dijumpai pada speaker sound system dan tipenya. Semoga artikel ini bisa memperluas wawasan kamu.

 

Posted February 26, 2020 20:27

 

Add Your Comment

Already signed up? Login.
  •