Pakai Speaker Aktif Di Outdoor? Pakai 3 Cara Ini Untuk Melindungi Dari Hujan

Date October 19, 2020 00:57

Speaker aktif sering kali dipakai di luar ruangan atau outdoor. Ini karena beberapa dari mereka adalah speaker aktif yang portable, memiliki konektivitas Bluetooth atau Wifi jadi saat dipakai di luar ruangan sangat cocok. Tapi kita harus sadari bahwa pemakaian luar ruangan selalu ada resiko-resikonya. Salah satunya adalah kalau tiba-tiba turun hujan. Apalagi cuaca bisa berubah secara drastis. Nah kalau kamu sedang mencari cara agar speaker aktif kamu tetap terlindungi dari hujan maka simak terus tulisan ini.

Cara untuk melindungi speaker aktif dari hujan antara lain:

Gunakan penutup hujan untuk speaker luar ruangan
Kamu harus mencoba membuat penutup perangkatmu sendiri untuk menyelamatkannya dari air. Kamu bisa menggunakan bahan logam atau lembaran plastik untuk menutupi perangkat dengan benar. Kamu harus membawa lembaran logam tebal yang dapat menyelamatkan peralatan listrik dari tetesan kecil cairan. Kamu juga bisa menggunakan kantong busa dan plastik untuk menahan air masuk ke dalam. Kamu harus memutuskan salah satu bahan ini setelah melihat kondisi air yang mengalir ke arahnya. Tetesan air kecil dapat dijauhkan dari speaker aktif dengan membuat pengaturan sementara untuk tujuan ini. Kamu juga harus memperhatikan parahnya cuaca saat melakukan semua tindakan pengamanan ini.

Tutup semua ventilasi
Ventilasi adalah lubang di perangkat yang digunakan untuk pergerakan udara di speaker aktif. Air dapat masuk ke dalam peralatan dari lubang tersebut jika kamu tidak mengelolanya dengan benar. Kamu bisa menutup lubang jika ada kemungkinan air masuk secara langsung. Kamu juga bisa mengontrol panas perangkat dengan membuat lubang di sisi lain peralatan atau memasang kipas baru di sana. Kipas pendingin juga bisa melakukan kerja ventilasi jika kamu mengaturnya pada pengaturan otomatis. Pengaturan yang kamu gunakan harus memungkinkan kipas untuk menyala saat panas dikumpulkan di perangkat. Kamu harus berhati-hati bahwa panas harus selalu memiliki jalur yang tepat untuk keluar.

Isolasi semua kabel
Kabel yang kamu gunakan untuk sambungan sistem suara di tempat luar harus berkualitas baik. Isolasi kabel akan memberi kekuatan penuh terhadap percikan api dan masalah lain yang dapat timbul karena air. Kamu harus menggunakan kabel tembaga berkualitas baik dengan posisi yang baik. Kamu bisa menggunakan karet, polythene, atau PVC untuk melakukan isolasi kabel jika ingin menutupinya sendiri.

Posted October 19, 2020 00:57

 

Add Your Comment

Already signed up? Login.
  •