Inilah Manfaat dan Tradisi Alat Musik bagi orang India

Date November 5, 2020 11:55

Musik di India biasanya dibagi menjadi dua tradisi utama yaitu musik klasik, musik Hindustan India Utara dan musik Karnatak India Selatan, meskipun banyak daerah di India juga memiliki tradisi musik mereka sendiri yang tidak bergantung pada tradisi tersebut. Baik musik Hindustan maupun Karnatak menggunakan sistem raga, set nada dan motif kecil untuk konstruksi melodi, dan tala untuk ritme. Ragas membentuk seperangkat aturan dan pola di mana seorang musisi dapat menciptakan penampilannya yang unik. Demikian pula, tala adalah sistem struktur ritme yang didasarkan pada kombinasi ketukan stres dan tanpa tekanan. 

Dalam struktur ritme ini, musisi dapat menciptakan pola ritme mereka sendiri yang dibangun dari gaya komposisi orang lain. Salah satu perbedaan utama antara musik India Utara dan India Selatan adalah meningkatnya pengaruh musik Persia dan alat musik di utara. Dari akhir abad ke-12 melalui kebangkitan pendudukan Inggris, India Utara berada di bawah kendali minoritas Muslim yang tidak pernah mampu memperluas lingkup pengaruhnya ke India Selatan. Pada masa ini, musik India Utara mulai menguasai dan beradaptasi dengan keberadaan bahasa, musik, dan alat musik Persia, seperti setar, yang menjadi asal muasal nama sitar yang kamanche dan santur, yang menjadi populer di Kashmir dan rabab (juga dikenal sebagai rebab dan rubab), yang mendahului sarod. Instrumen baru diperkenalkan, termasuk tabla dan sitar yang segera menjadi alat musik India paling terkenal di seluruh dunia. Legenda mengatakan bahwa tabla dibentuk dengan membelah drum pakhavaj menjadi dua, dengan sisi yang lebih besar menjadi bayan dan sisi yang lebih kecil menjadi dahini. Gendang pakhavaj berbentuk tong, yang merupakan leluhur dari tabla dan mrdangam, telah digambarkan dalam lukisan dan cetakan yang tak terhitung jumlahnya. 

Genre musik baru juga dibentuk, seperti khayal dan qawwali , yang menggabungkan unsur-unsur praktik musik Hindu dan Muslim. Musik klasik Hindustan dikenal sebagian besar karena instrumentalnya, sedangkan musik klasik Karnatak terkenal dengan praktik nyanyian virtuosic nya. Instrumen yang paling umum digunakan dalam musik klasik Hindustan adalah sitar, sarod, tambura, sahnai, sarangi, dan tabla; Sedangkan instrumen yang biasa digunakan dalam musik klasik Karnatak antara lain vina, mridangam, kanjira, dan biola. Penggunaan seruling bambu, seperti murali, adalah umum baik dalam tradisi maupun genre musik India lainnya.

 

Posted November 5, 2020 11:55

 

Add Your Comment

Already signed up? Login.
  •