Berniat Beli Gitar? Perhatikan Ini baik Baik Ya

Date December 23, 2020 23:45

 

Berikut ini beberapa tips yang sangat penting untuk anda perhatikan saat akan membeli gitar.

1. Pastikan Gitar Terasa Nyaman Di Tangan Anda

Gitar memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi serta memiliki kedalaman dan lebar leher yang bervariasi. Anda ingin bisa memegang gitar dengan baik agar setiap lengan dan tangan bisa melakukan gerakan yang dibutuhkan dengan benar dan nyaman. Pastikan gitar "cocok" dengan anda. Perhatikan tanda-tanda tangan lelah dan jari terkilir saat anda mengujinya. Beberapa papan fret mungkin terlalu lebar untuk tangan anda, sehingga membutuhkan peregangan ekstra yang dapat menyebabkan tendinitis. 

2. Berurusan Dengan Bantingan Dan Retakan

Saat akan beli gitar, jangan lupa periksa apakah ada goresan, retakan, dan keripik yang terlepas dari gitar di mana saja. Retakan kecil tidak menjadi masalah, tetapi waspadalah terhadap retakan yang melewati lapisan akhir hingga ke kayu. Retakan yang dalam di bagian akhir bisa menjadi tanda pemisahan keliman di bodi, baik itu instrumen padat, semi-berongga, atau berlubang. Kerusakan struktural bisa menjadi perbaikan yang mahal.

3. Periksa Karatnya

Bukan pada senar dan batang fret, yang dapat dengan mudah diperbaiki, tetapi pada perangkat keras yang menahan senar dan pickup. Jika ada karat di tempat-tempat ini, pertimbangkan kembali pembelian anda.

4. Periksa Aksinya

"Aksi" gitar mengacu pada seberapa dekat senar ke fretboard, dari kepala gitar sampai ke bridge. Gerakan yang lebih tinggi akan membuat gitar terasa lebih sulit untuk dimainkan, sedangkan gerakan yang lebih rendah, biasanya lebih mudah di tangan, mungkin tidak terdengar cukup kuat. Gitar dengan aksi yang baik akan memiliki jarak yang konsisten antara senar dan papan fret. Jika aksi gitar buruk, Anda dapat mengaturnya di toko musik anda.

4. Masalah Fretboard.

Periksa fret dengan cermat saat beli gitar, apakah ada penyok atau celah yang disebabkan oleh keausan tali bisa mahal untuk diperbaiki atau diganti. Jika neck terlihat konsisten dari fret pertama hingga terakhir, dan trussrod memungkinkan penyetelan, itu pertanda baik. Tetapi jika anda melihat ke bawah dan melihat jalur rollercoaster, itu akan membutuhkan banyak pekerjaan untuk memperbaikinya. Minimal, membungkuk ke depan atau ke belakang yang berlebihan berarti batang rangka tidak dapat disetel, tetapi mungkin juga merupakan ujung bahwa batang rangka itu terlepas atau patah. Mengganti batang rangka yang rusak adalah operasi besar.

 

Posted December 23, 2020 23:45

 

Add Your Comment

Already signed up? Login.
  •