Cara Menjaga Tekanan Ban Mobil

Kendaraan seperti mobil memiliki banyak sekali sistem yang mendukung sehingga dapat digunakan untuk membawa penumpang. Salah satu komponen yang menjadi bagian sistem dari mobil adalah roda atau ban. Komponen ini terdiri dari udara yang menggunakan karet sebagai wadahnya. Keberadaan angin atau udara di dalam ban membuat ban mobil memiliki tekanan. Tekanan ban mobil ini perlu disesuaikan dengan standar yang direkomendasikan.  

Tips Menjaga Tekanan Ban Kendaraan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tekanan ban kendaraan perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi kenyamanan suatu kendaraan saat digunakan. Di samping demi tujuan kenyamanan, tekanan ban juga disarankan agar sesuai standar karena berpotensi membahayakan apabila kondisinya kurang atau terlalu berlebihan. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga agar tekanan ban mobil selalu dalam kondisi standar, tidak kurang dan tidak terlalu berlebihan. Tips pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga tekanan ban kendaraan adalah menambahkan tekanan udara atau angin ban sesuai dengan standar yang disarankan. Anda tidak disarankan untuk menambah tekanan ban melebihi standar yang diberikan pabrik agar tetap aman dalam berkendara. Tips yang kedua adalah membawa muatan atau beban sesuai kapasitas standar. Setiap mobil memiliki kapasitas maksimal yang telah ditentukan oleh pabrik. Demi keamanan, sebaiknya Anda tidak menggunakan mobil untuk mengangkut muatan yang melebihi kapasitas maksimal. Tips ketiga adalah perhatikan tutup pentil yang berfungsi untuk menahan udara di dalam ban. Artinya, jika tutup pentil tidak dipasang dengan kencang atau kondisinya sudah rusak, tekanan ban akan mudah berkurang karena udara mudah bocor ke luar. Tips yang terakhir adalah mengisi angin sebelum menggunakan mobil untuk bepergian agar pengukurannya dapat maksimal. 

Baca juga : Alasan Kenapa Tekanan Ban Mobil Harus Sesuai Standar

Dengan berbagai tips menjaga tekanan ban mobil di atas, Anda akan dapat bepergian dengan nyaman serta aman karena tekanan ban yang terjaga dan sesuai dengan standar. Selain dengan tekanan ban yang sesuai standar keamanan, kenyamanan berkendara juga dapat diperoleh dengan menggunakan kendaraan yang tepat. Misalnya dengan menggunakan mobil Daihatsu.

Posted July 8, 2021 13:07

Tag Tekanan Ban Mobil

Add Your Comment

Already signed up? Login.
  •