Aneka Satwa di Taman Nasional Ujung Kulon

Setelah sejak lama ditutup karena pandemi Covid-19, Taman Nasional Ujung Kulon telah mulai dibuka kembali untuk menerima kunjungan wisatawan. Tentunya setiap pengunjung tetap diharuskan mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun. Termasuk pengunjung yang ingin berwisata menjelajahi daerah yang terletak di ujung barat pulau Jawa ini. Walaupun untuk menuju ke daerah ini tidaklah sulit, karena ada mobil Daihatsu yang setia menemani di setiap perjalanan, namun sensasi menyaksikan kehidupan aneka satwa di tempat-tempat berikut ini jelas tak akan tergantikan.

1. Padang Penggembalaan Cidaon

Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati perjalanan sambil melihat banteng Jawa yang sedang merumput di padang penggembalaan. Pastikan saat menyaksikannya tidak terlalu dekat, karena bisa membahayakan. Karena itulah, tersedia menara pandang yang dilengkapi teropong untuk melihat dari jarak jauh. Tak hanya banteng, dari teropong terkadang juga tertangkap pemandangan burung merak, atau ayam hutan yang melintasi padang penggembalaan di Cidaon sebagai bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon.

2. Padang Penggembalaan Cibunar

Selain menyaksikan kehidupan satwa, pengunjung yang gemar trekking juga patut mengunjungi tempat ini. Rute dari Cidaon ke Cibunar merupakan hamparan hutan pantai dan hutan hujan yang berada di dataran rendah nan alami. Di sepanjang perjalanan, kehidupan aneka burung dan juga banteng Jawa di padang penggembalaan dapat ditemui di Cibunar.

3. Curug Cikacang

Tempat ini merupakan habitat Owa Jawa, satwa primata yang hidup di Taman Nasional Ujung Kulon. Kawasan Curug Cikacang dikelilingi oleh hutan yang sering menjadi objek penelitian, edukasi tentang lingkungan, serta pengembangan ilmu pengetahuan. Kegiatan penelitian yang dilakukan biasanya seputar pengamatan kehidupan primata, burung, serta penelitian aneka ragam jenis tanaman obat. 

Posted September 26, 2021 07:20

Tag Taman Nasional Ujung Kulon

Add Your Comment

Already signed up? Login.
  •